indukan lovebird yang berkualitas
Ternak Lovebird

Cara Menghasilkan Anakan Lovebird Berkualitas

Tips Ternak Lovebird – Cara Menghasilkan Anakan Lovebird Berkualitas

Bagi para pecinta burung lovebird,bukan hanya sekedar hiburan saja.Karena memiliki nilai bisnis yang bagus,banyak pula yang beternak burung lovebird dan meraih keuntungan dengan menjual anakan lovebird.

Untuk mendapatkan anakan lovebird yang berkualitas,diperlukan pasangan indukan lovebird yang berkualitas pula.Entah itu dari indukan lovebird jenis biola,parblue,dakocan,pas vio atau jenis jenis warna lovebird yang lain.

cara menghasilkan anakan lovebird berkualitas

Buat para pemula yang ingin atau berminat untuk ternak lovebird,jangan terlalu bingung tentang bagaimana cara beternak lovebird dengan menghasilkan anakan yang berkualitas.Memelihara burung jenis ini sebenarnya sangat mudah sekali dan gampang cara perawatannya.

Tips tips dibawah ini mengenai Cara Menghasilkan Anakan Lovebird Berkualitas yang sudah sering dipakai oleh para master LB ;

  1. Persipan Kandang

kandang lovebird untuk pembibitan

Sebelum membeli sepasang indukan,siapkan terlebih dahulu kandangnya.Kandang yang dibutuhkan tergantung berapa banyak lovebird yang akan diternak.

Apabila karena masih awal hanya menyiapkan sepasang saja,cukup berikan kandang yang banyak dijual dipasaran.Dan siapkan juga gowok/glodok untuk persiapan jika lovebird ingin bertelur dan memisahkan anaknya.

Siapkan juga beberapa ranting kayu kecil  dan serutan kayu juga dedaunan kering disekitar kandang  yang nantinya dibuat sarang sendiri oleh burungnya.

2. Indukan Lovebird

Setelah kandang beserta aksesorisnya tersedia,barulah siapkan pasangan lovebird yang ingin di ternak.Belilah indukan lovebird dari peternak dan tentukan juga jenis lb yang akan di ternak.

Belilah indukan lb yang sehat,Ini nantinya mempengaruhi hasil turunannya.Jika induknya sehat,anakan lovebird nanti yang dihasilkan juga akan sehat.

Biasanya,nantinya anak lovebird akan memiliki sifat seperti indukan jantan.Untuk itu pilihlah indukan lovebird jantan yang umurnya lebih tua dari indukan lb betina.Maksudnya ini bertujuan supaya yang jantan akan ,mendominasi ketika saat menjalani proses perkawinan.

3. Mengetahui Kapan LB sudah Siap Dikawinkan

Lovebird akan sudah siap melakukan proses ini biasanya umur sekitar 8 bulan keatas.Jadi sebelum membeli indukan lovebird,perlu ditanyakan usia lovebird yang dibeli. Dan loveird yang udah bisa melakukan proses perkawanian memiliki ciri ciri seperti berikut ini.

Indukan Lovebird Betina :

Akan sering mengangkat ekornya keatas dan sayapnya sering direntangkan.Ini memberi isyarat kepada lb jantan untuk segera naik keatas tubuhnya.

Indukan Lovebird Jantan :

Cirinya jika sudah ingin kawin,akan sering kali menggosok gosokan pantat nya ke besi sangkar.

Jika lb anda sudah bertingkah laku seperti diatas,maka segeralah dikawinkan.Jika perkawinan itu terlambat akan membuat lovebird tersebut akan sulit untuk dikawinkan lagi alias stress

4. Menjodohkan Lovebird

Ketika pertama kali membeli indukan lovebird,sebaiknya pisahkan dulu keduanya.Ini untuk mencegah pertengkaran ketika keduanya sama sama dimasukkan kedalam satu sangkar untuk pertama kalinya.Pisahkan dulu keduanya ketika baru pertama membeli.

Burung lovebird yang sudah siap untuk dikawinkan dengan bertingkah seperti yang sudah dijelaskan pada nomor 3,sebaiknya langsnung di jadikan dalam satu sangkar.Dan selanjutnya biarkan mereka berdua meikmati kebersamaannya.

5. beri nutrisi secara rutin

Jika lb yang dijodohkan sudah dalam satu sangkar,sering sering lah beri makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti kenari,kwaci ,tauge dll nya.

 

 

6.  Proses Setelah bertelur

Apabila dari hasil perjodohan tadi sudah menghasilkan telur,sebaiknya jangan sering sering melihat telurnya.Karena ini bisa mengganggu indukannya.Pantau dari kejauhan saja jika penasaran.

Terkadang,ada beberapa indukan betina yang gak mau untuk mengerami telurnya.Untuk menyiasatinya,dekatkan sangkar nya dengan lovebird betina yang lainnya jika ada.Biasanya,lovebird betina yang lain ingin mengerami telurnya dengan mengeluarkan suara erangan.Ini bisa memancing betina yang gak mau mengerami ingin menjaga telurnya untuk mengerami sendiri.

Dan perlu diketahui juga,betina yang menghasilkan telur pertama kali  biasanya gak menetas alias zonk yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti karena usianya masih terlalu muda.

7.  Pemisahan Induk Dan Anaknya

Pisahkan anakan dengan indukan,dan pemisahan ini setelah anakan lovebird telah memasuki usia diatas 14 hari.Jika anakan dipisahkan,pemberian makanan bisa di loloh dengan bubur sereal bayi.

Setelah terpisah,tempatkan kedalam sangkar tersendiri dan sinari dengan lampu supaya kandang anakan lb tadi tetap hangat.

8. Pemberian makanan anakan lovebird

cara memberikan makan lovebird

Anakan lovebird yang terpisah dari indukannya belumlah bisa makan sendiri.pemberian makan bisa dibantu dengan cara me loloh nya menggunakan suntikan.

caranya,lepas jarum yang ada pada suntikan tersebut dan ganti dengan karet pentil atau selang yang elastis.Gunakan bubur bayi atau bisa juga dengan pelet yang sudah dicampur dengan air hangat.

Berikan makanan tadi sekitar 4 jam sekali.

 

Dengan menerapkan beberapa langkah diatas,akan mampu menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas seperti indukan jantannya.

 

 

Incoming search terms:

  • cara agar love bird mnghasilkan anakan berkualitas
  • cara bikin glodok lovebird
  • cara mendapatkan keturunan lovebird berkualitas
  • cara menghasilkan anakan pasvio
  • cara untuk mendapatkan anakan Lovebird yang berkualitas
  • indukan lovebird yang bisa menghasilkan paruh putih
  • lobet berkualitas
  • lovebird paruh putih dengan paruh putih hasil anakannya
%d bloggers like this: