membuat kandang untuk ternak lovebird
Lovebird

Membuat Kandang Lovebird Untuk Ternak Bagi Pemula

Membuat Kandang Lovebird Untuk Ternak Bagi Pemula – Sampai saat ini,Lovebird masih digemari oleh para kicau mania.Selain suara dan warnanya,lovebird juga memiliki nilai jual yang bagus dipasaran.sehingga banyak yang mencoba peruntungan untuk meraih hasil dibisnis jual beli lovebird.Tak terkecuali para pemula.

Salah satu syarat yang harus dimiliki oleh penggemar lovebird yang akan mulai membudidayakan yakni adanya kandang.Jadi,sebelum melangkah memelihara lovebird lebih jauh,sebaiknya kenali terlebih dulu kandang yang cocok untuk melakukan ternak lovebird.

Kandang Koloni untuk ternak lovebird
contoh kandang koloni

Selain digunakan untuk memelihara koleksi lovebird,kandang juga dapat menentukan apakah ternak lovebird yang dijalankan bisa berhasil atau tidak.Karena hanya kandang yang tidak sesuai dengan hidup lovebird,burung tersebut bisa menjadi stress dan malah berakibat tidak bisa bertelur atau bertelur tapi tidak bisa menetas alias zonk.

Jenis kandang yang digunakan Untuk ternak Lovebird

Ada 2 jenis kandang lovebird yang bisa dijadikan untuk beternak lovebird,dan pada umumnya semua peternak lovebird menggunakan 2 jenis kandang ini.

1. Kandang Koloni

kandang yang tepat untuk ternak lovebird adalah membuat kandang koloni yang memiliki ukuran luas yang bisa menampung beberapa pasangan indukan lovebird maupun anakan lovebird.
Tujuan membuat kandang koloni untuk menyeleksi calon indukan betina yang akan diternak.

Cara menyeleksi indukan betina yang baik bisa dengan langsung memasukan indukan lovebird jantan dan betina dengan jumlah banyak.Akan tetapi harus diperhitungkan kapasitas burung dalam kandang.

2. Kandang Sekat

Kandang sekat diperlukan untuk memasukan pasangan lovebird yang diperoleh dari cara menyeleksi hasil dari kandang koloni.

kandang sekat untuk perjodohan lovebird
Kandang perjodohan lovebird

Hasil perjodohan yang dihasilkan dari kandang koloni sebaiknya dipisah dan dimasukkan ke kandang sekat supaya pasangan indukan lovebird bisa lebih mudah untuk dikontrol perkembangannya.

Ukuran kandang sekat ini tidaklah terlalu sempit dan juga tidak terlalu lebar.Ukuran kandang sekat untuk lovebird,yang dibutuhkan adalah keleluasaan lovebird yang telah dimasukkan kesini dengan masih bisa terbang kecil kecil.

Hal yang perlu diketahui bagi paternak lovebird pemula,sebelum melakukan perjodohan persiapkan terlebih dulu tempat untuk bertelur dan tempat untuk mengerami telur.

Tempat yang bisa digunakan untuk bertelur dan mengerami adalah gowok glodok.Gowok ini didesain khusus memang untuk tempat telur dan anakan yang menetas.

Selain aktifitas tersebut,perkawinan lovebird biasanya suka dilakukan pada gowok ini dan juga induk lovebird yang meloloh anakanya.

Mengapa harus menggunakan gowok?kehidupan lovebird di alam liar saat melakukan perkawinan,bertelur dan mengerami telur dilakukan di sebuah lubang yang terdapat pada pohon.

Nah,dibuatkan gowok ini lebih bisa menyerupai lubang yang ada disebuah pohon yang bisa membuat lovebird yang diternak nyaman melakukan aktifitas didalam nya.

Gowok Lovebird
Gowok Lovebird

Namun,perlu diperhatikan juga,bahwa apabila pasangan lovebird yang sudah dimasukkan kedalam kandang sekat untuk perjodohan dan sudah disediakan gowok didalamnya bisa dirusak oleh pasangan lovebird tersebut karena keduanya belum bisa dijodohkan atau gak berjodoh.

Gowok bisa diletakkan dikandang sekat/kandang perjodohan dan disekitarnya bisa sedikit dikasih bubuk serbuk kayu sebagi penghangat suhu kandang.

Cara untuk mengetahui indukan lovebird betina yang akan bertelur,taruhlah sobekan kertas koran atau beberapa daun padi kering disekitar kandang.

Jika lovebird sudah memunguti sobekan kertas atau daun kering tersebut,itu pertanda indukan betina mau bertelur.

Telur yang dihasilkan oleh lovebird antara 4 hingga 10 telur,yang mana jumlah ini tergantung dari kesuburan indukan lovebird tersebut.

Jika telur yang didapat sudah menetas,untuk membesarkan anakan lovebird tersebut bisa di loloh oleh induknya atau oleh anda sendiri.

Jika anda ingin meloloh anakan sendiri,sebaiknya pisahkan induk dan anakan setelah usia seminggu.Untuk meloloh nya bisa anda gunakan bubur bayi dengan cara di spet.

sukses ternak lovebird

Nah,dari gambaran diatas…..kandang memang perlu diperhatikan jika ingin melakukan usaha ternak lovebird.Banyak cerita sukses dari peternak lovebird karena warna dari bulu yang dihasilkan lovebird anakan berbeda yang mana warna lovebird juga memeiliki nilai jual yang berbeda beda.

Incoming search terms:

  • cara membuat kandang lovebird koloni
  • cara membuat kandang ternak lovebird koloni
  • ciri jantan betina sepasang lovebird
%d bloggers like this: